MBKM SEMERU UNVERSITAS BRAWIJAYA

MBKM Semeru Gelombang 1

Keberangkatan MBKM Semeru Gelombang 1, Pada tanggal 21 Januari 2022, Rektor Universitas Brawijaya, disaksikan seluruh Wakil Rektor dan Dekan di lingkungan Universitas Brawijaya melepas 49 orang peserta.

MBKM Semeru Gelombang 2

Keberangkatan MBKM Semeru Gelombang 2, Pada tanggal 11 Mei 2022, Rektor Universitas Brawijaya, disaksikan seluruh Wakil Rektor dan Dekan di lingkungan Universitas Brawijaya melepas 34 orang peserta.

Pembangunan Operasional Dashboard dalam Monitoring MBKM Semeru UB Gelombang 1

Terdapat 49 orang mahasiswa kegiatan MBKM Semeru Gelombang 1. Mahasiswa melaksanakan wawancara dan pengambilan data untuk mendapatkan data aktifitas recovery dan potensi perekonomian. Kegiatan ini mempertemukan mahasiswa dengan warga terdampak, relawan lokal, relawan dari luar Lumajang serta beberapa pejabat daerah yang memahami mitigasi kebencanaan dan memahami permasalahan-permasalahan yang dialami masyarakat dengan berbagai profesi, baik petani, peternak, penambang, serta pengelola pariwisata di Kecamatan Pronojiwo. Untuk itu, UB membekali mahasiswa dengan materi dan workshop kegiatan pemetaan, dengan diberikan soft skill pembuatan survey 123, pengolahan data di ArcGIS Online, pembangunan WebGIS, serta visualisasi melalui Operational Dashboard yang digunakan untuk melaporkan beragam aktifitas mahasiswa di lima tema MBKM Semeru Gelombang 1. Pembangunan aplikasi Survey123, WebGIS, dan Operational Dashboard ini merupakan bentuk kerjasama UB dengan PT. ESRI. Berikut adalah tampilan akhir kegiatan MBKM Semeru gelombang 1 berupa Operational Dashboard (Klik Lapor MBKM Semeru UB).


Lapor MBKM Semeru UB



Pemetaan Pariwisata

WebGIS Kecamatan Pronojiwo



Pemetaan Peternakan

WebGIS Kecamatan Pronojiwo



Pemetaan Pertambangan

WebGIS Kecamatan Pronojiwo


Arsip Berita

Publikasi Ilmiah MBKM Semeru


Atlantis Press


Books Google


Jurnal IJDM


Jurnal JKB UB

MBKM Semeru UBTv News

7 Videos


MBKM Semeru Gelombang 2

06:12


MBKM Semeru Olah Produk Lokal

14:53


MBKM Semeru Olah keripik dengan Vacuum Frying

08:45


MBKM Semeru dan Bumdes Olah Produk Lokal

11:37


UB Bekali Mahasiswa Mbkm Semeru Operasikan Vacuum Frying

07:41


MBKM Semeru Berjalan Progresif

12:00


Recovery Economy Semeru

17:32